(5,6MB) Download Lagu Internationale versi Indonesia


Dan Internationale! Pasti! Di Dunia!

Internationale, lagu bernafaskan ide-ide komunisme ini pertama kali diciptakan di Prancis dan menjadi national anthem resmi Uni Soviet pada tahun 1918 sampai 1943. Lagu ini juga menjadi lagu banyak partai Komunis dan juga digunakan oleh gerakan-gerakan Sosialisme diseluruh dunia. Namun di Indonesia sendiri, banyak orang yang sedikit salah paham menganggap bahwa lagu ini hanyalah lagu PKI (Partai Komunis Indonesia) dan bahkan menganggapnya tabu.



Bait-bait Internationale awalnya ditulis sebagai sajak oleh penyair Eugene Pottier pada tahun 1871, setelah gagalnya "Komune Paris", pemerintahan 72 hari dikakatur proletariat pertama di dunia pada Revolusi Prancis, yang jatuh karena serangan balik kaum Borjuis. Sajak Internationale ini, diciptakan sengaja untuk menyebarkan ide-ide Komune Paris ke seluruh dunia. Awalnya ditulis dalam bahasa Prancis, sebelum kemudian dijadikan lagu oleh Pierre Degeyter pada 1888. Selanjutnya, lagu yang menyerukan semangat revolusi di Prancis itu diterjemahkan hampir ke semua bahasa, dan dinyanyikan di segenap penjuru dunia, dan Internationale ini, juga ditulis dalam versi Indonesia oleh Ki Hadjar Dewantara.

Untuk membaca sejarah lengkap tentang Internationale, silahkan kunjungi Website ini. Perlu diingat, penting bagi kita untuk mempelajari sejarah, bukan hanya membaca, tetapi juga memahaminya. terutama sekali karena Internationale ini juga pernah menjadi bagian dari sejarah bangsa kita. Dan tujuan blog Sefile ini memposting lagu ini juga tidak lebih untuk tujuan itu

LINK DOWNLOAD